Bercintalah Dengan Kualitas, Lupakan SEO Magic

5/22/2017
Bercintalah dengan Kualitas.png

Bercintalah dengan kualitas wahai para penjelajah ruang dan waktu virtual, lupakan SEO magic (Black SEO Magic). Bercintalah dengan kualitas lalu berbicaralah lewat artikel, niscaya kalian akan bertemu penghidupan; kalian akan bertemu blogger, tubuh berdarah - daging dengan segala geletar emosi virtualnya; kalian akan menemukan pengalaman yang hidup, klausa, kata - kata, saran, gagasan, dan keluh - kesah yang terangkai apik dalam paragraf. Kalian jua akan menemukan betapa menggairahkannya hidup dalam ruang dan waktu virtual. Diadaptasi dari sajak ( Sidik, Usman D., dalam Anwar, Wan Moh., kakilangit 91/Juli 2004: 28).

Sebagai seseorang yang gandrung menjelajah, melancong atau wara - wiri di dunia virtual, kita sebagai seorang blogger sangatlah jarang memerhatikan bahkan cenderung mengabaikan definisi 'kualitas'. Dalam definisinya, 'kualitas' merupakan rubrik atau standar pedoman mutu terhadap sesuatu; baik berupa barang, jasa pelayanan, karakter seseorang, proses kepemimpinan, fitur - fitur suatu produk, dan sesuatu yang lain yang jika dibandingkan dalam hal serupa lainnya akan mengarah pada penilaian baik atau buruknya sesuatu pada spek, bagian, bidang, dan dalam hal - hal tertentu.

Definisi Kualitas Berdasarkan Kamus

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), 'kualitas' didefinisikan sebagai tingkat baik - buruknya sesuatu, derajat atau mutu. Sementara itu,  Oxford University Press (Oxford Advance Learners: International Student's Edition) mendefinisikan 'kualitas' sebagai standar atau pedoman penilaian terhadap sesuatu ketika sesuatu tersebut dibandingkan dengan sesuatu yang lain yang serupa.

Definisi Kualitas Menurut Para Ahli

Definisi lain terkait 'kualitas' juga muncul:

  • Hardjosudarmo, Soewarso menyatakan bahwa 'kualitas' adalah tolak ukur yang bersifat tidak objektif terhadap sesuatu, karena sudut pandang memegang peranan penting di dalamnya.
  • ISO - 8402 (Loh, 2001:35), 'kualitas' adalah terpenuhinya kebutuhan melalui kelengkapan pelayanan dan ciri khas suatu produk atau jasa baik secara eksplisit ataupun implisit. 
  • Tjiptono (2004:11) menyatakan 'kualitas' sebagai layak atau tidaknya sesuatu dalam penggunaannya.
Selain nama - nama tersebut, terkait definisi 'kualitas', Kadir (2001:19) menyatakan bahwa:
'Kualitas' adalah sasaran yang tidak mudah untuk dimengerti sebab sangat bergantung pada asa pengguna yang tidak menetap (standar kepuasan yang tidak konsisten) terhadap standar mutu sesuatu dalam memenuhi kebutuhannya.
Wiley (2017: 410) dalam Wiley CPAexel Exam Review April 2017 Study Guide: Business menyatakan bahwa kualitas adalah sebagai berikut:
'Kualitas' umumnya digunakan untuk menyatakan 'tingkatan'.
Saya berikan contoh seputar blogging saja ya sehubungan dengan definisi 'kualitas' menurut Wiley;

  •  Top-Level Domain (dotcom) biasanya tingkatan kualitasnya dianggap lebih tinggi dibandingkan dengan domain bawaan standar blog.
  • Tulisan atau artikel yang ditulis sendiri dan asli tingkatan kualitasnya lebih tinggi dibandingkan dengan tulisan hasil copy-paste.

Eksplorasi Definisi dan Makna Kualitas

Dengan memahami definisi 'kualitas', bukankah kita seharusnya belajar untuk mulai mencintai 'kualitas' dan dimulai dari dalam diri kita sendiri? Sebab teori atau definisi hanya akan menjadi hafalan semata, hanya akan berujung pada kegagalan jika tidak dibarengi dangan atau tanpa penerapan. Sama sekali tidak layak bila disandingkan dengan pengalaman, sebab perbedaannya sangatlah jauh, jauh sekali.

Acap kali kita mengobrak - abrik, menguras habis isi mesin telusur hanya untuk sekedar mencari, melihat, membaca,  dan mengingat definisi atau arti kata 'kualitas'. Namun, kerap kali kita lupa menyelami lebih dalam makna 'kualitas' itu sendiri; menelanjanginya hingga tanpa busana, memreteli hingga nampak kerangka pembentuknya, membedah jantung, dan urat nadinya sembari menyelam lebih dalam dan lebih dalam lagi hingga mencapai dasar yang menjadi inti kekuatan 'kualitas' yang disebut the power of quality.

Hubungan Antara Kualitas dan SEO

Kualitas dan SEO ibarat sepasang kekasih 'Romeo dan Juliette' . Cinta sejati SEO tiada lain hanyalah 'kualitas'. Tanpa 'kualitas', SEO bisa 'SEOK', tanpa SEO, 'kualitas' tidaklah lengkap. Kenapa? Sebab mereka saling melengkapi satu sama lain, bagaikan belahan jiwa yang tak terpisahkan.

Era algoritma Google boleh terus menerus silih berganti, namun SEO yang adalah 'kualitas' itu sendiri tidak akan pudar dibuatnya. Ini karena Google dan tangan kanannya (algoritma) akan tetap mencari dan tentunya akan menemukan sahabat sejatinya. Ya, 'kualitas'. Itulah sahabatnya, sosok yang tak akan pernah lekang oleh waktu dan tergerus oleh perubahan algoritma Google.

Kategori SEO

Berdasarkan tempo pemerolehannya, SEO dibedakan menjadi dua kategori yaitu black SEO magic dan yang bukan. Bukan black SEO magic dalam artian yang apa adanya, bukan yang 'ada apanya'. Black SEO magic bisa didapat dalam kurun waktu yang singkat. Menaikkan peringkat atau ranking suatu situs atau blog atau laman web dengan cara mengakali mesin telusur. Akan tetapi, sepandai - pandainya mengakali mesin telusur, tetap akan terbentur algoritma Google. Mengakalinya lagi? Silakan coba:)

Pikirkan ini:
  • Mengapa Google terus - terusan memperbaharui versi algoritmanya?
  • Apa yang tidak pernah mendapat dampak buruk sebagai imbas diperbaharuinya algoritma Google?
Umumnya, alasan seseorang memperdaya mesin telusur adalah untuk memeroleh peringkat pada hasil organik mesin telusur. Padahal dalam buku panduannya, Panduan Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur (Google, 2010: 2) menyatakan bahwa:
Terlalu fokus melakukan perubahan tertentu untuk meraih peringkat pada hasil organik mesin telusur belum tentu memberikan hasil yang diinginkan.
Di sisi lain, SEO yang 'apa adanya' atau kita sebut saja white SEO magic membutuhkan waktu yang boleh terbilang lumayan lama dalam pemerolehan manfaatnya. Rentan waktunya bulanan hingga tahunan. Berikut pernyataan Ohye Maile (Developer Programs Tech Leader in Google Search):
In most cases, SEOs need four monts to a year to help your business implement improvementns and then see potential benefits.
Terang - terangan Ia menyatakan bahwa pada kebanyakan kasus, SEO membutuhkan empat bulan hingga setahun dalam membantu perkembangan sebuah bisnis dan barulah kemudian bisa merasakan potensi manfaatnya. Selain dari pada itu,  Ohye Maile juga menegaskan:
If you want long-term success,  there are not any quick magical tricks that an SEO will provide so that your site rank number one. It's important to note that an SEO potential is only as high as the quality of your business or website.
Dengan tegas ia mengatakan bahwa jika seseorang menginginkan sukses dalam jangka panjang, tidak ada trik - trik sihir instant apapun bahwa dengan SEO akan memastikan kalau suatu situs menempati posisi ter-atas. Penting untuk dicatat (diingat) bahwa potensi SEO hanya pada seberapa tinggi kualitas (seberapa berkualitas) bisnis atau situs yang dimiliki (dikelola).

Jadi, berdasarkan tempo pemerolehan manfaatnya, SEO yang hanya 'apa adanya' atau white SEO magic pastinya atau kemungkinan kalah bersaing dalam jangka pendek (short-term success). Namun demikian, karena penekanannya yang cenderung pada kualitas yang tinggi, akan memberi manfaat yang sangat baik pada perkembangan bisnis atau website dalam jangka panjang. Hanya saja akan sangat menguji kesabaran seorang blogger atau webmaster.

Menyewa Jasa SEO

Belakangan ini, jika mengetikkan kata atau frase kunci tertentu pada kolom horizontal mesin telusur untuk mencari sesuatu (informasi visual atau audio-visual) dan kemudian menekan tombol 'search', akan bermunculan nama - nama situs beserta produk - produk yang mereka tawarkan, termasuk di dalamnya agensi - agensi atau konsultan - konsultan yang menawarkan jasa SEO. Mereka biasanya muncul di bagian paling atas atau bisa juga muncul di bagian paling bawah di luar laman - laman hasil telusuran Google atau lebih tepatnya pada bagian periklanannya saja.


Dalam hal ini, Google memberikan peluang kepada agensi - agensi atau konsultan - konsultan yang ingin memperjual-belikan jasa SEO mereka khususnya kepada pengelola situs atau website, dan juga memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin menggunakan atau menyewa jasa SEO tertentu.

Google tidak mempermasalahkan jika ada webmaster menyewa jasa SEO sebagai upaya dalam peningkatan pemeringkatan situs dan penghematan waktu. Walaupun demikian, para pengguna atau penyewa jasa SEO diminta untuk tetap waspada terhadap penipuan, resiko terhadap situs dan reputasinya. Oleh karena itu, Google juga menyarankan untuk memilih jasa SEO sebijak mungkin.

Berikut pernyataan (Google dalam Bantuan Search Console) terkait penyewaan jasa SEO:
Waktu dapat dihemat dan peringkat situs dapat ditingkatkan dengan menyewa jasa SEO, walaupun resikonya tetap ada. Oleh karenanya, harus dipilih dengan sebijak - bijaknya. 
Faktor - faktor Pendorong Penggunaan Jasa SEO 

Mengingat pernyataan Ohye Maile terkait tempo pemerolehan manfaat SEO yang sebenarnya pada kebanyakan kasus khususnya dalam jangka panjang, faktor pendorong yang paling utama yang menyebabkan blogger atau web-master atau pengelola situs menggunakan jasa SEO adalah:
  • Penghematan waktu
  • Ketidak sabaran
  • Mudah terpengaruh
  • Kurang atau tidak percaya diri
  • Ingin menjadi nomor satu

Penghematan waktu

Faktor pendorong yang paling utama dan pertama adalah menghindari pemborosan waktu. Jika dalam bisnis waktu adalah uang, maka pemborosan waktu berarti boros uang atau membuang - buang uang. Dengan menyewa jasa SEO, yang tadinya membutuhkan waktu empat bulan sampai setahun untuk membantu perkembangan bisnis bisa menjadi satu minggu atau bahkan cukup sehari saja.

Ketidak sabaran

Tidak sabar menunggu hingga blog atau website benar - benar matang sebelum dimonetisasi untuk mendapatkan atau menghasilkan uang.

Mudah terpengaruh

Mudah terpengaruh oleh blogger - blogger kawakan atau yang lainnya yang telah membuktikan dirinya mampu menghasilkan uang.

Kurang atau tidak percaya diri

Ada juga yang memang seperti ini, kurang memiliki atau bahkan tidak memiliki rasa percaya diri karena belum bisa mendulang uang dengan jerih payahnya melalui blog sehingga mendorongnya menyewa jasa SEO terlebih dulu dengan harapan suatu saat nanti bisa menghasilkan uang.

Ingin menjadi nomor satu

Ingin menjadi nomor satu pada halaman muka hasil penelusuran Google karena yang terpikirkan adalah dengan meraih peringkat paling atas pada hasil organik mesin telusur akan memberikan hasil yang memuaskan terutama hasil penjualan iklan, dalam artian,  semakin banyak pengunjung yang datang maka semakin banyak pula uang yang datang.

Dari kelima faktor penyebab seseorang menyewa jasa SEO seperti yang sudah dijelaskan, faktor ingin menjadi nomor satu pada hasil organik mesin telusur adalah yang dengan berat hati harus saya katakan paling membuat saya merasa iba (mohon maaf!). Google dalam Bantuan Search Console dengan sangat jelas menyatakan sebagai berikut:
Tidak ada yang dapat menjamin peringkat # 1 di Google.
Kesimpulan 

Pada akhirnya saya kembali harus mengatakan, " bercintalah dengan kualitas, lupakan SEO magic (Black SEO Magic), niscaya kalian akan bertemu penghidupan." Tidak ada SEO seampuh 'kualitas' sebab kualitas itu sendiri adalah SEO. Jikalaupun sebegitu penasaran dan tertariknya kalian terhadap pengoptimalan mesin telusur, bacalah terlebih dahulu panduan Google. Dan kalau masih belum puas, tidak mengapa, pilihlah jasa SEO dengan teliti dan sebijak mungkin.

Ramah, suka menjalin persahabatan dengan siapa saja, rajin, ulet dan cerdas memperhitungkan segala sesuatunya sesuai kondisi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »