Kapan dan Darimana SEO Itu Bermula atau Dimulai?

7/17/2016
Kapan dan Darimana Seo Bermula?.png
Kalau sejak pandangan pertama dari mata turun ke hati, namanya apa coba? bisa iya itu cinta, keterusan dikit sebab panas yang lain-lain, bisa jadi itu hasrat. Tapi kalau dari mata turun ke kantong, itu namanya materei, eh matre. Lantas, kapan dan darimana SEO itu bermula atau dimulai?

Untuk mengetahuinya, tentu saja terlebih dahulu kita harus tahu kapan gerangan website untuk pertama kalinya melancar di dunia siber. Setelah iseng berselancar, akhirnya dapat juga pencerahan tentang kapan dan darimana SEO itu bermula atau dimulai yang hingga kini existensinya kian mewabah di kalangan para blogger.

Buah memang jatuh tidak jauh dari pohonnya, begitulah kira-kira peribahasa yang tepat untuk Sir Tim Berners yang mewarisi bakat kedua orang tuanya di bidang komputer.

Berawal dari sulitnya berbagi informasi, pada bulan Maret 1989 Tim Berners berinisiatif mengajukan proposalnya di sebuah Laboratorium Partikel Fisik (CERN) dekat Genewa, Switzerland yang adalah tempatnya bekerja. Proposalnya tidak lain berisi tentang pengelolaan informasi berbasis internet.

Berselang setahun lamanya yaitu 1990, barulah proposal Tim Berners mendapat persetujuan pimpinan CERN. Kemudian dari tulisannyalah lahir teknologi bahasa yang menjadi dasar web hingga sekarang ini yaitu HTML, URI yang sekarang menjadi URL dan HTTP.

Hypertext Markup Language (HTML) secara teknis dipakai untuk memformat bahasa web, URL (Uniform Resource Identifier) difungsikan sebagai pelacak untuk menemukan atau mengidentifikasi alamat situs, sedangkan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) memungkinkan users memperoleh kembali data atau informasi yang tersimpan dalam berbagai situs dari seluruh penjuru dunia.

Pada 6 Agustus 1991, laman web untuk pertama kalinya resmi diluncurkan dan exist di dunia internet. Sejak saat itu, keberadaan website mulai bermunculan dan menjamur dengan berbagai jenis informasi yang disuguhkan kepada para pengguna.

Website kian menjamur di internet, sementara mesin pencari perdana kala itu masih dalam batas untuk memenuhi kebutuhan struktur dan aksessibilitas. Lalu tahun 1993 platform mesin pencari merubah pengkatalogan informasinya dan membuat informasi lebih mudah ditemukan berdasar kata kunci dalam contents. Inilah awal mulainya SEO dilahirkan.

Tidak lama setelah itu, untuk mengembangkan serta mempermudah dalam mengindeks dan dalam menyampaikan data, Yahoo memasuki percaturan dunia siber pada tahun 1994 dan berselang tiga tahun setelah itu, Google menyusul masuk arena persaingan.

Karena pada masa itu SEO tergolong masih sangat primitif dangan algoritma yang masih mentolerir siasat atau black-hat tactics yaitu penggunaan kata kunci serta meta-tag yang berlebihan dan cenderung melakukan spam berupa backlinks demi pemerolehan ranking pada mesin telusur.

Hal ini memberi Google peluang memperoleh kendali atas dunia siber dengan dalih menghubungkan contents yang lebih bernilai guna kepada para users dengan berpatokan pada peraturan dan regulasi internet yang sekarang ini dikenal sebagai algoritmanya.

Pada tahun 2003-2005 peluang akhirnya berbuah manis dengan dialihkannya tanggung jawab sehubungan dengan hal tersebut kepada pihak Google dan untuk kedua kalinya SEO dilahirkan, namun kali ini lebih khas atau tepatnya SEO ala Google.

Disebut demikian, karena tidak seperti sebelumnya dimana banyak kalangan memakai segala macam cara mempraktekkan SEO ataupun menjajakan teknik ini, pemilik Blogger kemudian mengharuskan semua pihak yang berkecimpung di dunia siber mematuhi kode etik dan tata cara yang berterima melalui trend algoritmanya.

Singkat cerita, pada masa peralihan saat itu banyak sekali contents yang mendapat penurunan ranking karena buruknya penerapan link, penggunaan meta-tags serta kata kunci secara berlebihan atau keywords stuffing dalam mengaplikasikan SEO.

Berkaca dari kejadian tersebut, tentu tak ada seorang bloggerpun menginginkan hal semacam itu menimpa blognya. Kalau sampai terjadi, itu ibarat mengeringnya sumber air dan perlahan namun pasti tidak akan lagi ada kehidupan.

Mengapa demikian? Karena dengan diturunkannya peringkat artikel blog, akan memberi dampak berkurangnya visitors. Kalau sampai berlarut-larut, lama kelamaan blog bisa sepi atau bahkan tak ada pengunjung dan banner iklan yang terpasang tentunya tidak akan ada yang melirik apalagi klik.

Jadi, jangan hanya memikirkan kelangsungan hidup blog untuk jangka pendek saja, pikirkan juga kelangsungan hidup dan keberadaannya di masa-masa mendatang dan yang terpenting "Don't be evil" sebab perubahan dan trend algoritma Google masih akan terus berlanjut

Baca Juga: Tips SEO Blog Dalam Menghadapi Algoritma Google

Kesimpulan:

Sebenarnya SEO sudah dimulai sejak adanya inisiatif berbagi informasi agar mudah diakses oleh siapa saja, namun baru terealisasi dua tahun setelah website pertama dirilis. Informasi lebih mudah diakses, mulai relevan sesuai kebutuhan pengguna sejak Google melahirkan benih evolusi SEOnya untuk perubahan yang lebih baik dalam hal serupa.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Apa artikel ini membantu? suarakan opinimu di sesi komentar ya..

Ramah, suka menjalin persahabatan dengan siapa saja, rajin, ulet dan cerdas memperhitungkan segala sesuatunya sesuai kondisi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

31 komentar

Write komentar
Mang Lembu
AUTHOR
17 Juli 2016 23.50 delete

terimakasih sangat atas pencerahan soal darimana dan bagaimana SEO bisa ada dimuka bumi ini, maklum bertahun ngblog nggak pernah ngeh SEO teh darimana asalnya.

salam sehat dan ceria selalu yeahh...

Reply
avatar
Lin Vidia
AUTHOR
18 Juli 2016 07.53 delete

Sama-sama Mang Lembu,saya nulis ini artikel iseng-iseng saja dan semoga sedikit tidaknya memberi gambaran tentang kapan dan darimana SEO sebenarnya bermula.

Salam sehat dan ceria kembali:)

Reply
avatar
Mangs aduls
AUTHOR
18 Juli 2016 08.08 delete

terimaasih banyak mba eh panggilnya apa ya. mba aja ya.
Terimaskih banyak saya ga pernah kepikiran yang beginian sebelumnya.

Reply
avatar
Ahmad Zaelani
AUTHOR
18 Juli 2016 11.55 delete

Panjang juga yah sejarah munculny SEO,,, Saya jadi kepikiran masalah meta tag yang digunakan di blog Sayah teh berlebihan atau tidak,, Sayamah ngikutin aturan yang ada di blog aja,,

Reply
avatar
18 Juli 2016 12.32 delete

Ilmu yang disampaikan sangat bermanfaat sekali mbak kebetulan saya lagi belajar untuk mendalami tentang ilmu SEO ini dan sekarang sudah mulai ada titik terang dengan adanya sejarah SEO.

Reply
avatar
yanto cungkup
AUTHOR
18 Juli 2016 21.58 delete

oh itu bermula dari awal dekade 90-an toh mbak,saya baru tau nih.
terimakasih telah berbagi info

Reply
avatar
Lin Vidia
AUTHOR
19 Juli 2016 07.23 delete

Iya kang Yanto, setelah saya baca-baca SEO bermula dari tahun 1993. Kata kunci dalam konten mulai digunakan untuk mempermudah ditemukannya informasi.

Reply
avatar
Lin Vidia
AUTHOR
19 Juli 2016 07.26 delete

Semoga demikian ya..,

Reply
avatar
Lin Vidia
AUTHOR
19 Juli 2016 07.33 delete

Lumayan panjang memang kang Ahmad sejarah bermulanya SEO, saya lihat meta tagnya tidak berlebihan ko:)

Reply
avatar
Lin Vidia
AUTHOR
19 Juli 2016 07.35 delete

Sama-sama mang Aduls, bisa aja nih si mamang:)

Reply
avatar
Trik Pos
AUTHOR
20 Juli 2016 23.22 delete

super sekali nih pembahasanya ..jarang jarang lho admin cewek ngebahas soal SEO jadi ngerti asal mula datangnya seo....pokmen like artikelnya,,,,

Reply
avatar
Lin Vidia
AUTHOR
21 Juli 2016 07.56 delete

Thanks..bisa aja nih juragan:)

Reply
avatar
Dwi Sugiarto
AUTHOR
21 Juli 2016 09.55 delete

Ternyata sejarah SEO tidak sepedek namanya pantas saja tak pernah habis untuk dibicarakan

Reply
avatar
Trik Pos
AUTHOR
21 Juli 2016 14.51 delete

betul neng saya terinspirasi banget jika ada cewek yang suka otak atik soal blog apa lagi membicarakan tentag seo , karna seo itu gampang-gampang susah untuk di pahami lho...sweerrrr

Reply
avatar
21 Juli 2016 15.01 delete

Conten yang berhak menjadi raja, dan kata kunci baru mengikutinya. Bolehlah awal-awal kata kunci yang berkuasa tapi jika konten tidak berkualitas, nanti akan ditendang oleh mesin pencari.

Reply
avatar
Lin Vidia
AUTHOR
21 Juli 2016 19.59 delete

Setuju kang, tapi sejak bermulanya seo hingga sekarang belum ada yang berani mengklaim mesin telusur milik Google sempurna sepenuhnya:)

Reply
avatar
Lin Vidia
AUTHOR
21 Juli 2016 20.14 delete

Iya mas Dwi, lumayan panjang memang sejarah seo bermula dan memang hingga sekarang seo tetap jadi primadona di kalangan blogger:)

Reply
avatar
Trik Pos
AUTHOR
21 Juli 2016 22.22 delete

ngomongin seo padahal dah lama di pelajari namun masih ada yang terlewatkan...untung ketemu Neng Vidia saya jadi lebih memahami lebih detiel lagi...makasih ya Neng...

Reply
avatar
22 Juli 2016 09.22 delete

Salam kenal sebelum nya mba.. saya tidak akan komantar tentang SEO nih tapi saya dapat Ilmu baru disini bahwa saya baru tahu kepanjangan dari HTML itu adalah Hypertext Markup Language :)

Reply
avatar
22 Juli 2016 21.44 delete

betul, google kadang pilih kasih. yang berbayar atau yang pasang iklan lebih diutamakan.

Reply
avatar
22 Juli 2016 21.45 delete

Mang Lembu merendah hati nih ? kan blogger kawakan :)

Reply
avatar
devina putri
AUTHOR
23 Juli 2016 12.12 delete

kalo bicara soal seo, biasanya seo setiap taun update terus ya mba, soalnya setiap taun pengerjaan website itu kadang beda2 caranya

Reply
avatar
Achmad Fazri
AUTHOR
18 September 2016 10.32 delete

yang punya blog harus tau tentang seo ya, supaya blognya bisa terus eksis.

Reply
avatar
Lin Vidia
AUTHOR
12 Oktober 2016 13.10 delete

Tergantung algoritma Google juga mba Devi, kalau ada perubahan pastinya cara pengerjaan blog ataupun websitenya juga harus bisa menyesuaikan. Itu sih kalau menurut saya pribadi:-D

Reply
avatar
Lin Vidia
AUTHOR
12 Oktober 2016 13.13 delete

Sama-sama ya kang..

Reply
avatar
Lin Vidia
AUTHOR
12 Oktober 2016 13.16 delete

Salam kenal juga ya..

Reply
avatar
Lin Vidia
AUTHOR
12 Oktober 2016 13.24 delete

Setidak-tidaknya musti tahulah dikit-dikit dulu, kemudian dikembangkan lagi biar lebih mantap pemahaman dan aplikasinya. Kurang lebih begitu..:-)

Reply
avatar
Trik Pos
AUTHOR
4 Mei 2017 19.06 delete

kenapa sekarang jarang aktif neng

Reply
avatar
4 Mei 2017 19.25 delete

Iya Mas Aji, kalau kerjaan lagi numpuk bawaannya malas. Ini mumpung sempat dikit saya sempatin ngeblog:)

Reply
avatar
Asnaji Cs
AUTHOR
5 Mei 2017 17.21 delete

Ternyata sejak tahun 1990 silam seo web baru di mulai ya, lama berkecimpung di dunia internet baru sempat mampir di blog ini akhirnya tahu saya neng,

itu sosok di atas kembaran saya tuh neng

Reply
avatar
5 Mei 2017 18.53 delete

Jangan merendah gitu, blogger senior kaya Kang Aji pastinya sudah tahu. Bukan cuma tahu bagaimana praktek seo yang baik dan benar tapi juga sudah paham sepenuhnya, apalagi cuma masalah kapan atau dari mana seo bermula:)

Reply
avatar