Panduan Lengkap Cara Membuat Blog di Blogspot Blogger

5/08/2017
Sejak digitalisasi menjadi era baru dan masyarakat semakin 'melek' terhadap internet, blogging menjadi aktivitas yang cukup populer di dunia maya. Tidak hanya sebagai medium untuk mengekspresikan pikiran, ide, dan karya, blog juga bermanfaat sebagai media promosi, bahkan menjadi representasi sebuah bisnis.

Cara Membuat Blog Panduan Lengkap.png
Blog sendiri merupakan singkatan dari web log, berbentuk aplikasi web yang bisa diisi dengan tulisan-tulisan, foto, audio, video, dan sejumlah fitur lainnya.

Secara kronologis, umumnya sebuah blog menempatkan post paling baru, baru diikuti postingan terdahulu. Tetapi, tidak selamanya demikian karena pengguna diberikan kebebasan untuk mengatur blog yang dikelolanya.

Mengenal Domain Blogspot dari Blogger.com

Banyak platorm yang menyediakan layanan penyedia dan pengelola blog. Salah satu yang paling populer ialah blogger.com. Tidak hanya karena popularitasnya, domain blogspot yang disediakan oleh blogger ini juga menawarkan sejumlah kemudahan dalam segi pengaturan sehingga memungkinkan pengguna untuk mengutak-atiknya sekreatif mungkin.

Boleh dikatakan bahwa Blogspot merupakan platform blog yang paling tepat untuk semua kalangan; mulai dari pemula hingga kalangan profesional. Media blog populer ini awalnya dimiliki oleh Pyra Labs. Pada akhir tahun 2002 perusahaan ini diakuisisi oleh Google. Itu sebabnya banyak aplikasi-aplikasi tambahan yang disematkan oleh Google guna membantu pengelola blog dalam menjalankan blognya.

Ingin tahu bagaimana caranya membuat blog di Blogspot? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Jika ada yang mengatakan bahwa membuat blog di blogspot tidak membutuhkan E-Mail, saya rasa itu pernyataan yang sedikit keliru. Sebab katanya, "setelah mendaftar atau Sign-Up (membuat blog), Anda juga akan membuatnya". Ini artinya dalam membuat blog di blogspot tetap harus memiliki E-Mail. Hanya saja urutan langkahnya yang berbeda. Baiklah, mari kita mulai dengan mempersiapkan akun G-mail terlebih dulu.

Persiapkan Akun G-mail


Panduan Lengkap Cara Membuat Blog di Blogspot Blogger.png


  1. Buka situs Gmail create account.
  2. Isi formulir pendaftaran yang disediakan. Kolom yang perlu diisi ialah nama (nama depan dan nama belakang), nama pengguna yang akan menjadi alamat surel, kata sandi, konfirmasi katasandi, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor ponsel, dan lokasi (Negara).
  3. Setelah data-datanya terisi dengan lengkap dan benar, klik 'Langkah Berikutnya'.
  4. Anda akan dialihkan ke halaman 'Privacy dan Persyaratan'; jika sudah dibaca dan dipahami, klik 'Saya Setuju'.
  5. Anda akan mendapat sambutan hangat dari Google, "Selamat datang, alamat email Anda adalah.." lalu, silakan klik 'lanjutkan'.
  6. Berikutnya adalah memverifikasi. Pastikan nomor ponsel yang dimasukkan benar, lalu tekan 'Selanjutnya'. Google akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor tersebut, yang kemudian bisa Anda ketikkan pada kolom yang tersedia.
  7. Setelah verifikasi, Anda akan ditanyai apakah ingin membuat akun Google+. Jika belum, klik 'Selanjutnya'.
  8. Tahap membuat akun Gmail Anda sudah selesai.
Membuat Akun di Blogger

Setelah memiliki akun Gmail, langkah berikutnya ialah membuat akun Blogger melalui situs blogger.com. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog di Blogspot Blogger.png


  1. Masuk ke situs blogger.com.
  2. Login menggunakan akun Gmail yang telah dibuat beserta passwordnya.
  3. Sebelum dialihkan ke halaman blogger, Anda akan diminta untuk memilih profil yang akan digunakan. Silakan pilih 'Buat profil Google+'.
  4. Setelah itu Anda akan dihadapkan pada kolom profil. Kolom ini akan terisi secara otomatis berdasarkan data yang diambil dari akun Gmail, tetapi tetap bisa diedit.
  5. Klik pilihan 'Upgrade'.
  6. Kolom berikutnya merupakan fitur tambah teman. Anda bisa mencari berdasarkan nama atau alamat surel. Jika ingin melewati bagian ini klik 'Continue'.
  7. Selanjutnya ialah kolom interest yang memungkinkan Anda bisa mengikuti halaman-halaman yang disukai seperti; teknologi, desain, musik, dan sebagainya. Jika sudah atau ingin melewatinya klik 'Continue'.
  8. Pilihan selanjutnya ialah kembali menambahkan teman ke dalam fitur circle. Jika ingin melewati klik 'Continue Anyway'.
  9. Setelah melewati tahap-tahap tersebut, profil blogger Anda yang menggunakan Google+ sudah jadi. Langkah selanjutnya adalah klik 'Continue to Blogger' dan Anda akan dialihkan ke halaman blogger.
  10. Untuk membuat blog baru, pilih dan klik 'New blog'. Anda akan dihadapkan pada kolom formulir yang terdiri dari; 
  • Judul blog; pilihlah judul blog yang sesuai dengan konten yang akan Anda bagikan.
  • Alamat url; pilih alamat yang menarik, mudah diingat dan diketikkan. Jika alamat url yang Anda ketik masih tersedia atau belum digunakan oleh pengguna lain, akan muncul tanda centang.
  • Pilih desain template blog yang sesuai dengan keinginan Anda.
  • Klik 'Create blog'
  • Blog Anda telah siap dijalankan.
Sehabis mengikuti panduan lengkap cara membuat blog tahap awal di atas, Anda sudah bisa mulai mempelajari bagian atau fitur-fitur yang tersedia pada halaman dashboard. Halaman inilah yang membantu Anda dalam berbagai pekerjaan seperti menulis deskripsi blog, menulis konten baru, mengedit, melakukan pratinjau halaman konten maupun keseluruhan blog, mengikuti blog dari pengguna lain, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan layanan blogger, Anda diberikan wadah yang sangat luas mengutak-atik blog Anda. Dalam segi tampilan, beragam pilihan template gratis yang bisa Anda pakai sesukanya. Jika kurang menarik, Anda bisa mengedit atau membuat template sendiri dengan fitur upload template atau edit html.

Kini, dengan memiliki blog, Anda bisa menuangkan bermacam ide dalam bentuk apa saja. Tidak sebatas itu saja, tetapi Anda juga dipersilakan untuk memajang produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada konsumen, melakukan kampanye sosial, dan lain-lain. Well, happy blogging:)

Ramah, suka menjalin persahabatan dengan siapa saja, rajin, ulet dan cerdas memperhitungkan segala sesuatunya sesuai kondisi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »