Cara Membuat Disclaimer dan Policy Privacy Blog

5/06/2017
Cara Membuat Disclaimer dan Privacy Policy Blog.png
Soure: Pexels-Photo
Dalam dunia blog, kita kerap mengenal istilah disclaimer dan privacy policy. Jika masih awam, kita akan cenderung bertanya-tanya, baik dalam definisi maupun kegunaan dari disclaimer dan privacy policy tersebut.

Sebenarnya, disclaimer dan privacy policy merupakan istilah yang menyangkut hukum. Dalam blog, fungsi disclaimer dan privaci policy ialah untuk menunjukkan kredibilitas blog jika ingin mengikuti program Google Adsense. Tetapi, karena fungsinya sama, jadi cukup pilih salah satu saja.

Disclaimer

Secara umum, disclaimer merupakan bentuk pernyataan yang dimaksud untuk merincikan atau membatasi akses melihat atau mengunduh suatu konten, yang semasih dalam batas legal.

Term disclaimer biasanya membahas sebuah situasi atau perkara yang tidak pasti dan berisi persetujuan dan pokok-pokok privasi yang dijadikan bagian dari kontrak. Kontrak inilah yang nantinya ditujukan kepada publik untuk mengantisipasi terjadinya masalah atau risiko kerugian di masa mendatang.

Contoh penggunaan disclaimer ialah ketika seorang blogger menyajikan konten yang merupakan bentuk pengembangan dari konten asli yang hak ciptanya dipegang oleh kreator. Dalam hal ini, Blogger bisa menggunakan disclaimer dalam bentuk pernyataan bahwa ia tidak mengambil keuntungan secara komersil, dan semua hak cipta dari konten yang ia kembangkan tetap berada pada kreator aslinya.

Secara sederhana disclaimer bisa dimaknai sebagai pernyataan bahwa apa yang disajikan bukan hal yang diklaim.

Privacy Policy

Mirip dengan disclaimer, pengertian privacy policy juga mencakup ranah pernyataan yang secara terang mengenai sajian data yang akan dilihat oleh orang lain. Sebuah privacy policy disusun dalam bentuk dokumen legal, berisi kebijakan tentang penggunaan, penyajian data, serta penyusunan data-data dari klien.

Adapun tujuan dibuatnya privacy policy adalah untuk melindungi privasi klien. Tidak hanya terbatas pada nama, tempat dan tanggal lahir, serta alamat, tetapi juga mencakup informasi-informasi lain yang lebih rahasia, seperti data kontak, finansial, dan sebagainya.

Privacy policy merupakan bentuk pelayanan yang disediakan untuk meyakinkan klien bahwa informasi pribadinya terjamin secara hukum, juga agar klien mengetahui transparansi penyedia jasa yang ia gunakan, dan hal-hal terkait lainnya.

Privacy policy sendiri mempunyai kelemahan, yaitu bentuk pernyataannya biasanya masih berbelit-belit dan kurang efisien. Kebanyakan kebijakan dibuat dalam bentuk daftar panjang dengan banyak poin-poin yang membingungkan, sehingga klien cenderung tidak membaca atau memahami apa yang tertulis.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Privacy Leadership Initiative menyatakan bahwa hanya 3% dari klien yang benar-benar membaca privacy policy dengan cermat dan memahaminya. Adapun 64% lainnya hanya melakukan pratinjau sekilas, dan sisanya tidak membaca sama sekali.

Hal tersebut tentu tidak bisa benar-benar disalahkan, karena bagaimana pun, penyedia jasa atau situs-situs tertentu masih belum menggunakan cara-cara yang efektif dalam menyampaikan privacy policy. Penyusunannya tidak dalam poin-poin yang menarik atau kalimat-kalimat yang mudah dipahami.

Studi lain juga mengatakan bahwa rata-rata privacy policy mengandung 2500 kata dan memakan waktu sepuluh menit untuk membacanya. Ini sangat menyita waktu, dan pada akhirnya, keputusan klien melewatkan "bacaan" penting mereka pun tidak bisa benar-benar disalahkan.

Setelah mengetahui definisi, fungsi, dan perbedaan dari disclaimer dan privacy policy di atas, kita bisa melanjutkan pada langkah bagaimana membuatnya dalam blog. Jika ingin tembus dalam program Google Adsense, hal ini sangat perlu dipertimbangkan.

Karena bentuk dan fungsinya relatif sama, langkah membuatnya pun juga begitu. Berikut cara membuat disclaimer dan privacy policy:
  1. Pada bagian kontrol blog, cari bagian 'page', lalu pilih 'new page'.
  2. Isi kolom yang disediakan dengan memberi judul 'disclaimer', atau 'privacy policy'. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Contoh, jika Anda mengelola blog pribadi berisi tulisan fan fiction, pilih disclaimer untuk menyatakan hak cipta karakter-karakter yang Anda tulis berada pada kreator aslinya. Jika Anda menawarkan jasa yang membutuhkan jaminan data-data pribadi klien, Anda bisa memilih privacy policy.
  3. Setelah memberi judul, isi kolom konten dengan poin-poin versi Anda. Karena hal ini merupakan ranah hukum, penting bagi Anda untuk menuliskan secara cermat dan berisi hal-hal dengan bahasa hukum yang jelas.
  4. pilih 'publish'. 
  5. Setelah langkah ini, Anda hanya perlu memasang dan mengatur tata letaknya dalam halaman blog.
Berikut Panduan Gambarnya:

1. Masuk ke dashboar blogger.

Cara Membuat Disclaimer dan Privacy Policy Blog 01.png


2. Klik 'Laman Baru'.

Cara Membuat Disclaimer dan Privacy Policy Blog 02.png

3. Isi judul lebih dulu> Isi poin-poin disclaimer> Isi deskripsinya>Pratinjau sebelum publish> Kemudian jika tidak ada kesalahan klik 'Publish'.

Cara Membuat Disclaimer dan Privacy Policy Blog 03.png

4. Setelah dipublikasikan, klik 'Lihat' untuk mendapatkan alamat URL disclaimer.

Cara Membuat Disclaimer dan Privacy Policy Blog 04.png
















5. Salin atau copy alamat disclaimer.

Cara Membuat Disclaimer dan Privacy Policy Blog 05.png


6. Klik 'Tema' kemudian klik 'Edit HTML'.

Cara Membuat Disclaimer dan Privacy Policy Blog 06.png




7. Paste atau tempelkan alamat disclaimer yang sudah disalin sebelumnya pada daerah yang diarsir seperti nampak pada gambar di bawah ini; kemudian klik 'Simpan Tema'.


Cara Membuat Disclaimer dan Privacy Policy Blog 07.png







Tidak seperti lingkup pengertiannya yang rumit, cara membuat disclaimer dan privacy policy ternyata cukup mudah. Dan jika Anda tidak ingin repot memikirkan poin-poin apa saja yang akan dicantumkan, banyak situs di internet yang menyediakan free disclaimer dan privacy policy maker. Anda tinggal menyalin poin-poinnya pada kolom konten di blog Anda, lalu 'publish'.

Jika Anda telah berhasil membuat disclaimer atau privacy policy dengan benar, Anda bisa dikatakan telah memenuhi persyaratan hukum dalam konten yang Anda sajikan. Hal ini sangat dipandang penting oleh Google jika Anda berminat mengikuti program Google Adsense. Selamat mencoba!






Ramah, suka menjalin persahabatan dengan siapa saja, rajin, ulet dan cerdas memperhitungkan segala sesuatunya sesuai kondisi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar