Kenapa Blog? Inilah Alasan Kenapa Seharusnya Mulai Ngeblog

6/23/2016
Kenapa Blog? Inilah Alasan Kenapa Seharusnya Mulai Ngeblog.png
Ada yang bilang, "Paling asik katanya teler". Beda halnya kalau anak muda kreatif, "Paling asik katanya ngeblog". Orang mungkin bertanya-tanya, "Kenapa blog? ada apa dengan blog? bisa apa memangnya dengan blog?" Pertanyaan yang selintas mirip acara tivi "Bisa apa dalam gelap?".

Tentunya ada banyak hal berguna yang bisa didapat melalui blog yang mungkin saja belum diketahui oleh mereka yang masih awam mendengarnya atau yang memang kurang begitu perduli atau bahkan sama sekali tidak menganggap hal semacam ini penting. Apa saja manfaatnya kalau mulai ngeblog?

1. Belajar hal atau sesuatu yang baru

Hal baru? mengingat website sudah dibuat sejak tahun 1991, ini tentunya bukan lagi hal yang baru sebab ada kemungkinan blog juga sudah exist pada saat itu. Paling tidak hal ini masih baru bagi mereka yang belum tahu  atau masih awam.

Kalau sudah mulai ngeblog atau membuat blog, kalian akan selalu menemukan hal-hal baru seputar minat atau apa saja yang membuat kalian tertarik dan selalu ingin berbagi karena akan ada-ada saja ide yang didapat.

2. Membantu mengasah kreasi tulis

Dengan terus menuangkan ide-ide yang ada menjadi sebuah karya tulis atau artikel, secara tidak langsung akan membantu mengasah keterampilan menulis kalian menjadi lebih baik. Kalau tidak dibiasakan sedini mungkin, bisa-bisa nantinya menulispun menjadi hal yang sulit.

Berbeda dengan kemampuan berbicara yang bisa diperoleh hanya dengan mendengarkan dan mengimitasi, kemampuan menulis tidak bisa didapat dengan cara seperti itu (Morphy, 2012). Mungkin memang benar sebab kalau diurutkan, kemampuan menulis menempati urutan terakhir yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Itu artinya menulis merupakan skill tersulit untuk dikuasai. Oleh karena itu, harus sering diasah.

Pikirkan ini: Setumpul-tumpulnya pisau, kalau terus menerus diasah pastinya akan tajam juga.

3. Membantu kalian jadi penulis

Setelah mahir menulis, kalian bisa mencoba menyediakan jasa sebagai penulis artikel blog sebab ada banyak blogger yang tertarik menggunakan jasa-jasa seperti ini. Selain mendapatkan bayaran yang lumayan (tergantung kualitas dan jenis artikelnya), kemampuan menulis kalian akan semakin terasah dan tidak menutup kemungkinan nantinya kalian bisa menjadi penulis buku atau e-book lalu menjualnya melalui blog.

4. Bisa menambah rasa percaya diri

Melalui blog kalian bisa beropini, belajar untuk berani disalahkan dan belajar supaya tidak lagi merasa takut kalau seandainya salah atau membuat kekeliruan. Kalian diajak untuk menyadari kemudian mengasah kemampuan serta mengakui lalu memperbaiki kelemahan.

Membaca setiap komentar yang masuk, belajar mendengar opini dari pihak lain, mengelola emosi (anger management) dan menerima kritik sebagai masukan dengan tetap tenang tanpa harus merasa keki.

5. Mengasah kemampuan berbicara

Cara bicara yang baik berawal dari naskah lisan. Semakin sering belajar dan berbagi ide seputar ketertarikan atau minat kalian melalui blog, akan semakin nyaman kalian membahasnya kalau suatu waktu ada yang menanyakannya secara langsung.

Lama-lama rasa percaya diri kalian akan bertambah, tidak akan lagi ada rasa canggung membahas apa yang kalian minati di depan orang banyak. Selanjutnya, kalian tetap akan merasa percaya diri kalaupun mengulas topik atau hal yang lainnya.

6. Mendapat penghasilan tambahan

Kalau membuat blognya tidak asal-asalan, bukannya tidak mungkin suatu waktu bisa memberi penghasilan tambahan walaupun tidak langsung atau seketika bikin jadi jutawan atau milyuner. Tetaplah bersyukur dengan apa yang sudah diperoleh, sekecil apapun itu.

Ingin lebih? ya bersabar dan berusaha lebih giat sembari berdoa. Di luar sana ada banyak blogger yang sudah menuai puluhan sampai ratusan dari ribuan dollar melalui blognya. Bisa jadi kalian yang berikutnya, tapi bagaimana bisa kalau tidak mencoba?:)

7. Membuat blog itu sangat mudah

Sebelumnya saya sendiri sempat berpikir kalau membuat blog itu sulit, tapi setelah membaca panduan tentang bagaimana caranya bikin blog, ternyata membuatnya sangatlah mudah. Kalau kalian mau pasti bisa. Masalah koding, bahasa HTML atau Java Script, cara membuat ini dan itu juga sudah banyak dibagikan di internet, tinggal browsing dan pilih mana yang dirasa lebih mudah diikuti atau dipelajari.

8. Bisa membuat kalian tertantang

Jujur saja, membuat blog memang sangat mudah semudah klik tombol like atau share, tapi mengelolanya tidak semudah yang kalian bayangkan. Butuh waktu, tenaga, pikiran dan kesabaran ekstra untuk memanagenya. Di sinilah letak tantangannya.

Kalian akan tertantang menulis ide kreatif untuk menarik minat pembaca, bersaing dengan blogger lainnya, membangun komunitas seputar blog dan hal menantang lainnya yang membuat kalian terus belajar mengembangkan diri dan juga blog yang dikelola.

9. Bisa dibuat dengan/secara gratis

Siapa saja bisa membuat blog tanpa dikenakan biaya sepeserpun atau gratis. Salah satu platform yang menyediakan template dan subdomain gratis yaitu Blogspot milik Google.

Jika merasa minder memakai template standar dan subdomain gratisan, kalian bisa merubah atau menggantinya dengan template premium dan merubah subdomain dengan Top Level Domain jika memang ingin lebih serius membangun blog.

10. Kalian bisa membantu orang lain

Ingin menginspirasi orang lain bereksplorasi dan menemukan potensi yang mereka miliki tapi bingung bagaimana caranya? buatlah blog. Ingin berbagi pengetahuan atau pengalaman dengan yang lain? mulailah ngeblog dan berbagilah.

11. Membantu melatih jadi disiplin

Kalau memang serius, blog bisa melatih kalian jadi disiplin. Disiplin dalam hal waktu misalnya membuat jadwal menulis dan update artikel. Menyelesaikan judul baru setelah yang sebelumnya terselesaikan lalu mengupdatenya pada jam-jam tertentu sesuai jadwal serta membagi waktu untuk blog walking. Perlahan-lahan kalianpun akan terbiasa disiplin dari hal-hal yang sifatnya sepele.

12. Merupakan media publisitas diri

Selain memakai sosial media, cara ampuh dan paling menyenangkan menyerukan existensi kalian ke seluruh penjuru dunia adalah melalui blog. Jika sebelumnya hanya sibuk update status, updatelah juga artikel blog lalu bagikan di akun sosmed kalian sekalian promosi blog.

Kreasi tulis kalian akan dibaca banyak pasang mata, bukan hanya dari kerabat atau sahabat tapi juga semua orang dari seluruh penjuru dunia. Akun sosial media dan kuotapun jadi lebih berfaedah atau memberi manfaat ganda. Pepatah asing mengatakan, "To kill two birds with one stone" atau versi lokalnya, "Menyelam sambil minum air".

13. Sebagai media dokumentasi diri

Blog adalah sebuah diari online. Kalian bisa mendokumentasikan apa saja di dalamnya termasuk  kisah atau perjalanan hidup kalian sendiri secara online yang suatu waktu dapat diakses untuk mengenang  kembali suatu kejadian atau peristiwa penting di masa lampau.

Seperti halnya kumpulan foto yang tersusun rapi dalam album, pada moment-moment tertentu kalian ingin membukanya, melihat satu per satu dokumentasi kenangan terdahulu dan biasanya membuat kalian merasa senang dan tersenyum, mungkin teringat sesuatu.

14. Bikin pengamatan jadi lebih baik

Semakin sering ngeblog akan membuat pengamatan kalian jadi lebih baik misalnya saja dalam membaca artikel, mengamati point-point tertentu pada sebuah bacaan bisa membuat kalian menemukan ide untuk ditulis dan dengan memanfaatkan sumber-sumber lain terkait dengan ide tersebut untuk menghasilkan artikel berkualitas yang lebih baik.

Jadi jangan heran kalau suatu ketika menemukan artikel yang kalian tulis, beberapa point di dalamnya dikembangkan bahkan secara mendetail oleh blogger lainnya. Karena saking seringnya ngeblog, pengamatan mereka bisa setajam silet. Sedikit saja umpan yang mungkin tanpa sengaja diberi dan biasanya terlewatkan oleh pembaca pada umumnya bisa dibuatnya menjadi sesuatu yang bernilai.

15. Membantu pemasaran bisnis offline

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh APJII dan PUSKAKOM UI tahun 2014 menyebutkan bahwa 34% perilaku pengguna internet mencari informasi mengenai jasa atau produk yang akan mereka beli. Komoditas yang paling diminati yaitu busana 72% pengguna, kosmetik 20% pengguna, gadget 17% pengguna, jasa travel perjalanan 9.7% pengguna dan pembelian buku-buku 9.7% pengguna.

Kesimpulan terkait data tersebut adalah blog dapat membantu pemasaran bisnis offline serta mempengaruhi keputusan konsumen dalam transaksi pembelian. Selain itu, jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun terus meningkat terlebih setelah upaya pemerataan akses internet secara geografis oleh pemerintah di tanah air tercapai. Jadi, bertindaklah sesegera mungkin.

16. Membantu mendorong kreativitas

Ngeblog akan membantu mendorong atau memacu kreativitas kalian untuk bisa membuat sesuatu yang memukau serta menemukan pemecahan masalah. Membuat imaginasi kalian jadi semakin baik dan penuh dengan ide atau inovasi-inovasi menantang untuk dibagikan dengan yang lainnya.

17. Membantu pemerolehan skill baru

Melalui blog kalian akan memperoleh skill-skill baru seputar blog misalnya memilih domain yang tepat, jaringan hosting, bahasa HTML atau Java Script, menghubungkan akun sosial media dengan blog, membangun back link, mengoptimalkan performa blog di mesin telusur, memilih kata kunci serta menganalisa kepadatannya, memaksimalkan artikel dan gambar di mesin telusur, desain blog, blog walking dan lain sebagainya.

18. Membantu kalian menentukan opsi

Apa maksudnya? Begini, memang ada banyak hal yang bisa ditulis dalam artikel blog, ada banyak sekali topik dan juga permasalahan yang mungkin kalian baca, kalian lihat, rasakan ataupun yang kalian dengar. Dari semua topik dan masalah-masalah yang ada, tentu kalian akan memilih yang mana saja kiranya penting untuk ditulis baik untuk diri sendiri ataupun pembaca. Ini juga akan berpengaruh dan membentuk sifat selektif kalian dalam kehidupan sehari-hari.

19. Membuat kalian menjadi pemasok

Sebagian besar pengguna internet cenderung lebih suka jadi pembaca dan membagikan artikel-artikel yang dianggapnya menarik dari sumber-sumber tertentu. Suka membaca itu bagus, tapi apa salahnya kalau kalian mencoba membuat artikel sendiri kemudian membagikannya. Sesekali rasakanlah juga bagaimana rasanya kalau artikel buatan sendiri dibaca ataupun dibagikan oleh para pengguna lainnya.

20. Membantu kalian menjadi senang

Butuh waktu berjam-jam atau berhari-hari untuk menulis sebuah artikel. Menguras tenaga dan juga pikiran dengan harapan bisa membuat senang bagi yang membacanya. Setelah itu membagikan artikel di blog dan ke berbagai akun sosial media. Kemudian ada yang sudi menekan tombol like atau share untuk artikel yang sudah susah payah dibuat, amboi.."senangnya tuh di hati". Trust me it's enjoyable.

21. Membantu menjalin persahabatan

Seperti halnya akun sosial media, blog juga bisa dijadikan media untuk menjalin persahabatan dan atau tali silaturahmi, saling berbagi pengalaman pribadi, saling membantu atau support satu sama lain dan membangun komunitas khususnya bersama para blogger lainnya.

22. Kalian tidak terikat dalam bekerja

Beda halnya dengan profesi kalian di dunia nyata, mengisi artikel blog bisa dilakukan di waktu-waktu senggang. Kalian sama sekali tidak terikat dalam bekerja sebab kalian sendirilah yang jadi bosnya, segala sesuatunya tergantung keputusan atau kebijakan yang kalian buat. Jam berapa, kapan, di mana atau bagaimana, kalian sendiri yang menentukan.

23. Membantu promosi hasil kreativitas

Setiap orang pastinya punya kreativitas seni atau hobi tersendiri baik berupa tulisan (novel, komik, cerpen atau puisi), gambar atau lukisan, lagu, film dan lain-lain. Blog dapat membantu mempromosikan hasil kreativitas seni ataupun hobi kalian. Hanya dengan sebuah blog kreativitas kalian bisa mendunia, tersebar luas keseluruh penjuru dunia.

24. Membantu membangun audience

Pengguna internet biasanya cenderung tertarik pada hal-hal yang bermanfaat, menarik dan juga unik. Melalui blog kalian bisa membuat artikel-artikel bermanfaat, menarik dan unik yang membuat pemirsa online tertarik berkunjung sehingga nantinya situs kalian menjadi ramai pengunjung.

25. Membuat nama kalian tetap hidup

Lewat karya tulisnya, seseorang bisa dikenang sampai berabad-abad lamanya walaupun faktanya mereka sudah tiada atau telah meninggal dunia. Seperti peribahasa, "Gajah meninggalkan gadingnya setelah mati, manusia tinggallah nama setelah tiada". Kalau ingin seperti itu, maka mulailah menulis dan biarkan dunia membaca karya tulismu lewat blog di internet.

Kesimpulan

Ada banyak hal bermanfaat yang bisa didapat melalui blog baik itu pengetahuan, skill-skill baru, pengalaman, wawasan, kesenangan, sosialisasi, pengembangan diri, publikasi diri, dokumentasi diri, peluang bisnis dan lain sebagainya. Jika salah satu penjelasan di atas menjadi alasan atau motivasi kalian, maka mulailah ngeblog.

Mengutip pernyataan Oprah Winfrey;
Lakukanlah sesuatu yang Anda pikir tidak sanggup untuk Anda lakukan. Gagal melakukannya, coba lakukan lebih baik untuk kedua kalinya. Orang-orang yang tidak pernah gagal adalah hanya mereka yang tidak pernah mencoba melakukan apa yang tidak mereka ketahui

Seseorang yang tidak pernah atau takut melakukan kesalahan tidak akan pernah mencoba atau menemukan hal-hal baru (Albert Einstein).

Apa artikel ini membantu? Suarakan opinimu di sesi komentar ya..:)

Ramah, suka menjalin persahabatan dengan siapa saja, rajin, ulet dan cerdas memperhitungkan segala sesuatunya sesuai kondisi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

10 komentar

Write komentar
Dwi Sugiarto
AUTHOR
June 24, 2016 at 12:03 PM delete

Rugi deh punya PC tapi nggak ngeblog.Ngeblog itu keren krn banyak manfaatnya

Reply
avatar
Lin Vidia
AUTHOR
June 24, 2016 at 8:18 PM delete

Betul mas Dwi, kita bisa lebih kreatif dengan blog dan banyak manfaat lainnya juga.

Reply
avatar
Diar Nurhakim
AUTHOR
June 26, 2016 at 10:56 PM delete

Waah komplit nih mbak manfaat ngeblognya, curiga, kalo yang belum punya blog, bakalan terangsang untuk segera bikin blog, terus ngeblog, jadi blogger... :D

Sejauh ini, yang paling kerasa sama saya, mengenai mengasah kemampuan menulis mbak, biar ke depan nulisnya makin hari makin hebat... hehehehehe :D dan berbagi info juga hehe :D

Reply
avatar
Lin Vidia
AUTHOR
June 27, 2016 at 8:36 AM delete

Thanks..glad you like it. Semoga demikian:)

Reply
avatar
Ahmad Zaelani
AUTHOR
July 18, 2016 at 3:42 PM delete

kalau Saya sendirimah kenapa memilih blog,,, karena lebih ke alasan securitynya mba,, soalnya kalau pake blog ndak usah lagi kuawatir masalah kemananan,, soalnya udah di urusan sama mbah google,, dan satu lagi karena "Gratis" jhahah :v

Reply
avatar
Lin Vidia
AUTHOR
July 18, 2016 at 6:46 PM delete

Kalau masalah aman, ngeblog bersama Google memang terjamin keamanannya kang Ahmad, saya malahan masih pake subdomain standarnya:)

Reply
avatar
Yogi Erlangga
AUTHOR
July 20, 2016 at 12:58 AM delete

Membantu meningkatkan mental daya saing :D hehe

Reply
avatar
Lin Vidia
AUTHOR
July 20, 2016 at 7:55 AM delete

Great! Tambahan dari Yogi kenapa seharusnya mulai ngeblog yaitu membantu meningkatkan mental daya saing (daya saing yang sehat). Thanks Yogi:)

Reply
avatar
July 21, 2016 at 3:07 PM delete

ngeblog awalnya ingin menambah penghasilan. Dan tidak disangka kena talak tiga GA. Ya, apa boleh buat. Kini ngeblog cuma untuk mengasah bicara.

Reply
avatar
Lin Vidia
AUTHOR
April 29, 2017 at 9:02 PM delete

Lakukan lebih baik untuk kedua kalinya Bang Djangkaru. Just never give up dan tetap semangat:)

Reply
avatar